Jalan jalan ke Curug Setawing, Kulonprogo

Hari Sabtu kemarin tepatnya 24 Januari 2015, saya bersama teman-teman dari Bikepacker Kaskus berencana pergi ke Curug Setawing yang tepatnya berada di daerah Jonggrangan, Girimulyo, Kulonprogo. Kalo dari Jogja itu tinggal lurusss terus ke arah barat melewati pasar Godean masih lurus, sampe nyebrang Jembatan Sungai Progo, nanti setelah itu ada perempatan, masih lurus terus ke arah barat,Β  Meliuk-liuk jalan perbukitan, nanti akan ada spanduk bertuliskan “Curug Setawing” yang ada di kanan jalan. πŸ˜€


*Tinggal lurus aja ke barat kalo dari tugu πŸ˜€

Akses dari pinggir jalan tadi menuju lokasi nggak sulit kok, melewati jalan dusun hingga nanti motor dititipin di parkiran dan selanjutnya berjalan melewati hamparan sawah yang cukup memanjakan mata.

Curug Setawing ini sebenernya udah lama banget ada, oleh warga sekitar digunakan sebagai keperluan irigasi dan kebutuhan air sehari-hari, terlihat dari banyaknya selang-selang air di Curug tersebut. Namun air nya hanya musiman,, kalo musim ujan ya ada airnya, sedangkan kalo musim kemarau airnya dikit atau malah ngga ada airnya sama sekali.. Namun kebetulan karena kita datangnya pas musim ujan ya airnya deres juga. πŸ˜€


*air terjun nya bertingkat gini, jadi klo buat foto-foto, beuhh ajibbb πŸ˜€

Sampe di tkp, foto-foto, saya menyempatkan diri untuk ke warung pesen secangkir kopi panas sambil ngobrol-ngobrol dengan warga sekitar. Kata beliau, curug ini resmi dibuka oleh warga baru 1 Januari 2015 kemarin secara swadaya. Terlihat dari beberapa fasilitas seperti tempat duduk, pagar, penataan tanah yang nampaknya baru-baru ini selesai digarap.

Setelah cukup lama menikmati suasana di Curug Setawing kami kembali ke parkiran untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lain nya. Oya retribusi disini bebas secara sukarela udah termasuk parkir. Kalau bisa ya di beri sepantasnya jangan seribu dua ribu, itung-itung kan membantu perekonomian warga setempat yang telah membantu akses ke tempat wisata yang cakep plus murah meriah. πŸ™‚
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s