Nasi Lesah, warisan kuliner khas Magelang yang mulai punah

InstagramCapture_91f52e8e-4672-428c-bb93-8d4cd4250cb7

Mungkin masakan yang satu ini masih terdengar asing buat om tante. Bahkan banyak orang asli Magelang pun nggak tahu kalau Nasi Lesah ini berasal dari kotanya sendiri. Pertama kali saya mengenal masakan ini adalah ketika teman saya mengajak untuk mampir ke warung Nasi Lesah sekitar 2 tahun silam waktu pulang dari Dieng.

Warung nasi lesah ini dapat dengan mudah ditemukan di Jl Tarumanegara atau dekat dengan pasar keplekan, nanti bisa tanya sama warga setempat kalau bingung. Jumlah nya mungkin 3-4 warung dan mulai buka menjelang sore hari hingga larut malam.

*lebih dekat..

*lebih dekat..

Sepintas nasi lesah ini mirip dengan soto. Warna kuah emang sedikit keruh karena ada perpaduan kaldu ayam dan santan kelapa. Rasanya ? terasa cukup gurih ! Selain itu komposisinya adalah mie soun, irisan kubis, kecambah, potongan seledri, potongan daging ayam, dan lain-lain. Biasanya pembeli akan diberi pilihan untuk menambahkan telur ceplok atau telur rebus.

Nasi lesah ini pasangannya adalah tempe mendoan yang diiris tipis-tipis namun lebar dan biasanya disajikan sebelum masakan datang, plus teh hangat. Sangat cocok untuk disantap pada malam hari dengan suasana khas Magelang yang berhawa dingin. 😀

Saya pun juga sering mengenalkan masakan ini kepada temen-temen, dan sejauh ini mereka pun juga suka n dibikin ketagihan. Namun sayangnya masakan ini kurang terkenal mungkin juga kalah pamor dengan soto. Padahal enak lho, boleh dicoba deh waktu mampir atau melewati kota Magelang. Lebih syahdu kalau malem-malem makannya. 😀

Advertisements

3 thoughts on “Nasi Lesah, warisan kuliner khas Magelang yang mulai punah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s