Kedung Pedut, Water Park alaminya Kulon Progo

InstagramCapture_bdc45b96-68c1-4447-a869-b8668c007008

Yap, beberapa hari lalu Bikepacker Kaskus kedatangan teman dari Jakarta yaitu om Jarot dan tante Clara. Setelah sebelumnya sempat kumpul bareng untuk main main di Desa wisata Pulesari di Wonokerto Turi, akhirnya pada Minggu kemarin (5/3/2015) kami menemani mereka untuk jelajah di Kulon Progo sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan balik ke Jakarta.

Start dari pom bensin Ambarketawang Wates, kami memulai perjalanan dengan memilih jalur dari selatan. Kami tidak memiliki tujuan pasti ingin menuju kemana saat itu karena yang penting jalan dan jelajah.. yah itu baru namanya Bikepacker.

WP_20150405_10_10_50_Pro
Jalan yang tadinya beraspal seketika berubah menjadi jalan gravel berbatuan tapi justru disini letak serunya, jujur saja saya lebih menyukai jalan yang offroad daripada jalan yang mulus karena lebih seru ! πŸ˜€ Rimbunnya pepohonan juga memberi kesejukan dari teriknya matahari siang itu..

Ujung dari jalan ini kami akhirnya sampai pada pintu masuk Waduk Sermo.. Setelah membayar retribusi kami melanjutkan perjalanan dan nantinyaΒ  akan melewati tepian waduk Sermo tersebut. Tidak lupa saya menyempatkan diri untuk berfoto disini. Pemandangan disini ternyata bagus juga kalau cuaca cerah, soalnya saya dulu setiap kali kesini pasti malam hari hehe..

InstagramCapture_04c99753-f690-403f-80c7-41b94e01f64c

Jalanan disini relatif sepi dan inilah yang saya suka.. Setelah menyusuri jalan aspal di tepian Waduk Sermo akhirnya kami sampai di persimpangan jalan yang menuju arah ke Kali Biru dan kami pun melaju ke arah tersebut. Sesampainya disana kami sempat mengobrol dengan warga setempat perihal tujuan kami ke arah Kedung Pedut, Air terjun Kembang Soka dan seterusnya namun bapak tersebut mengatakan bahwa untuk menuju tempat tersebut tidak bisa melalui sini, artinya kami harus balik lagi ke pertigaan tadi dan terus lurus saja..

IMG_2504

Ternyata jarak dari Waduk Sermo menuju Kedut Pedut dan seterusnya lumayan jauh dan melewati tanjakan yang curam, selain itu kondisi jalan yang banyak berlubang membutuhkan kosentrasi yang lebih saat itu.. Kurang lebih 1 jam perjalanan akhirnya kami sampai di Gunung Gajah. Dari atas sini kami bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan. Hmmm kebayang perjalanan dari bawah sana dan akhirnya bisa diatas sini, jauh juga yak ternyata naiknya. πŸ˜€

IMG_2509

WP_20150405_10_55_17_Pro

*si Tante Clara ngumpet di belakang box karena kepanasan wkwkwkwkwkw πŸ˜€

Kami lalu melanjutkan perjalanan dan sampailah pada persimpangan menuju Kedung Pedut. Setelah memarkir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki.. Jalan setapak kami lalui dengan tatanan anak tangga yang ditata dengan bambu serta jembatan bambu yang baru-baru ini selesai digarap oleh warga setempat.

IMG_2520

*sempat foto dulu di air terjun mini πŸ˜€

Akhirnya sampai juga di Water Park nya.. Airnya bening lho.. namun karena bercampur dengan batu kapur maka warnanya menjadi agak kebiru-biruan. Meskipun siang itu cukup terik namun tidak menyurutkan semangat bocah-bocah untuk bermain air dan berenang. Nama Kedung Pedut memiliki arti (Kedung=lubuk) dan (Pedut=Kabut). Hal ini dikarenakan apabila hujan lebat atau pagi hari, kawasan ini akan diselimuti oleh kabut tebal.

IMG_2523

Foto diatas diambil oleh Om Jarot dengan menaiki anak tangga yang berada diatas jembatan. Di balik bukit sebelah kanan itu terdapat Air Terjun dan kolam nya juga.

InstagramCapture_bdc45b96-68c1-4447-a869-b8668c007008

*air terjun yang dimaksud..

Cukup sebentar kami disini dikarenakan saat itu panasnya ngentang-ngentang dan ramai wisatawan.. Benar saja, ketika kami kembali pulang ke arah parkiran, kami berpapasan dengan banyaknya rombongan wisata yang menuju Kedung Pedut.. Padahal, Kedung Pedut ini baru di diperkenalkan awal tahun 2015 lalu namun jumlah pengunjung langsung melonjak drastis.

Akhirnya kami melanjutkan perjalanan pulang ke kota Jogja, sedangkan om Jarot dan tante Clara masih melanjutkan perjalanan panjang menuju kota Jakarta. Sampai ketemu di lain waktu ! πŸ˜€

Advertisements

4 thoughts on “Kedung Pedut, Water Park alaminya Kulon Progo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s