jbminerva on Koran Tribun Jogja

tribunnews.jpg

Setelah sebelumnya saya sempat diberi kesempatan untuk mengudara lewat radio UTY Jogja meskipun masih dalam naungan sebuah komunitas, yaitu Bikepacker Kaskus – Piknik Naik Motor. Akhirnya kali ini saya diberi kesempatan lagi untuk “mejeng” di salah satu halaman Koran Tribun Jogja edisi 11 Oktober 2015.

Kesempatan saya ini tidak lepas dari peran serta teman kantor saya yaitu Dede Kharisma yang memiliki channel di Kantor Tribun Jogja. Dan kebetulan kami memiliki kesamaan hobi yaitu berwisata dengan motor, dan selebihnya biarlah artikel yang berbicara.

TRIBUNJOGJA.COM – Demam status “My Trip My Adventure” di media sosial belakangan ini mungkin menjadi salah satu pemicu banyak orang mengabadikan petualangan mereka menjelajah alam.

Tayangan televisi yang berlomba-lomba menyajikan jelajah wisata alam turut serta mempopulerkan gaya berwisata kekininan, berpetualang dengan berbagai moda transportasi.

Mereka yang doyan travelling ini sengaja meluangkan waktu khusus agar bisa melakukan perjalanan ke sebuah tempat wisata memburu petualangan seru.

Seperti yang dilakukan sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas wisata roda dua ini.

Para bikers ini tak sekedar menyukai touring dari kota ke kota, namun mereka juga pehobi wisata alam atau piknik dengan moda transportasi kendaraan bermotor roda dua.

“Four wheels move the body. Two wheels move the soul,” kutipan tersebut memberi makna tersendiri bagi JB panggilan akrab dari YB Laksana Adi, salah satu punggawa wisata roda dua.

Pria kelahiran 1991 asal Yogyakarta ini memilih moda transportasi roda dua untuk berwisata.

Sejak kecil, JB sudah menyukai blusukan dengan motor. Sang Ayah adalah biang keladinya.

Ia sering menemani Ayahnya, seorang penulis artikel wisata dan gemar berwisata dengan roda dua.

Sebagian besar wilayah Indonesia sudah pernah dijelajah Ayah JB. Hal ini menumbuhkan rasa cinta JB kepada alam dan budaya lokal.

“Bulan Oktober ini rencana akan touring dari Yogya ke Nusa Tenggara Timur, semoga lancar dan menyenangkan. Di Indonesia banyak tempat yang luar biasa yang sayang untuk dilewatkan,” ujar JB pada Tribun Jogja, Kamis (8/10).

Kegiatan berwisata roda dua ini diakui JB sebagai sarana ampuh mengusir kebosanan dan juga sebagai ajang pembuktian bahwa setiap jengkal di Indonesia itu indah adanya.

Dalam kegiatan berkendaranya, JB sering ditemani oleh rekan kerjanya, Dede Kharisma dan teman komunitas Bikepacker Kaskus, Christian Mahendrata.

Bagi Dede, berwisata dengan roda dua adalah salah satu cara menikmati alam yang mengasikkan.

Menelusuri rute menuju tempat wisata atau tempat-tempat yang berpotensi menyuguhkan keindahan alam dengan motor ternyata sanggup memberikan sensasi petualangan yang lebih menggigit.

“Piknik pakai motor itu lebih bebas menghirup udara alam. Lebih menantang, bisa blusukan sana-sini, cari jalur-jalur alternatif yang mungkin selama ini jarang dilewati orang kebanyakan. Di jalur-jalut alternatif itu kadang pemandangan dan atmosfernya lebih keren,” ungkap pria berkacamata yang berprofesi sebagai desain grafis ini.

Jateng

Semenjak bergabung dengan komunitas ini, Dede dan anggota lainnya setidaknya sudah menjelajajah sebagian wilayah Jawa Tengah antara lain, Puncak Suroloyo, Puncak Telomoyo, Gunung Slamet, Goa Lawa, Kawasan Hutan Lindung Bantarbolang Pemalang, Pertambangan Pasir di Desa Suruh Pemalang, Hutan Jati Perhutani Kendal, dan Dieng.

Tak hanya itu, Jawa Barat, daerah Puncak dan Bogor, Jawa Timur, pegunungan Bromo juga sudah mereka jamah.

“Asal bisa dilalui dengan roda dua aku pasti ikuti rutenya. Misalnya ketika mudik ke Pemalang, lewat jalur pantura yang normalnya membutuhkan waktu 6 jam berkendara bisa lebih dari itu karena blusukan dulu. Seperti masuk kawasan gunung di Temanggung, kawasan hutan Perhutani Kendal dan juga mblusuk ke kawasan hutan jati serta penambangan pasir di Pemalang,” kenang Dede.(tribunjogja.com)

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2015/10/11/piknik-pakai-motor-lebih-asyik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s