Perbedaan projector Mazda CX5 dan Mitsubishi Outlander

image

Projector Mitsubishi Outlander kiri, Mazda CX5 kanan

Halo bro sis. Dalam artikel ini saya akan membahas projector OEM copotan mobil Mazda CX5 dan Mitsubishi Outlander. Kedua jenis projector tersebut merupakan projector yang laris dan umum dipakai di pasaran karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan copotan mobil Eropa, selain itu mudah didapatkan dan memiliki output cahaya yang bagus.

Kedua projector tersebut sama-sama buatan Stenley, namun yang membedakan adalah spek dan karakter output cahayanya. Untuk projector Mitsubishi Outlander masih menggunakan single beam, artinya tidak bisa diatur hi-lo nya. Sedangkan projector Mazda CX5 sudah bixenon (bisa Hi-Lo) yang diatur oleh selenoid.

image

Untuk lensanya sama-sama memiliki ukuran 3″. Namun lensa Mitsubishi Outlander sudah clear lens, sedangkan lensa Mazda CX5 adalah dotted lens. Pola lensa tersebut bukan hiasan semata namun berfungsi untuk mengendalikan output cahaya. Dan diyakini bahwa clear lens memiliki output lebih baik daripada dotted lens apalagi fresnel lens.

image

Dotted lens.

Untuk outputnya, projector Mitsubishi memiliki output yang tajam di area cut-off namun area foregroundnya tipis, ia juga terkenal dengan outputnya yang luas. Sedangkan untuk CX5 memiliki output yang tidak tajam pada area cut-off nya, namun merata dan lebih tebal pada foregroundnya.

Kesimpulan
Kedua projector ini sama-sama bagus, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. Bila sering keluar kota maka projector Mazda CX5 bisa menjadi pilihan karena bixenonnya yang memudahkan jangkauan cahaya yang jauh bila dibutuhkan. Namun bila untuk perkotaan saja maka projector Mitsubishi Outlander sudah cukup.

Semoga berguna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s