Mantau kemacetan ? Pakai google map saja !

Macet yang terjadi pada arus mudik tahun 2016 ini memang mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Terutama yang paling menjadi sorotan publik adalah kemacetan yang terjadi di tol Brebes.

Bagaimana tidak, kemacetan yang begitu panjang hingga 25km, banyak kendaraan kehabisan bensin ditengah kemacetan sampai 12 orang meninggal akibat kelelahan.

Saya kemarin sempat memantau lewat aplikasi google map, dan melihat jalur pada rute tersebut berwarna pekat. Artinya ? Yak, macet ! Sayangnya saya lupa untuk men-screenshotnya.

image

Di jaman sekarang yang sudah begitu maju dalam hal teknologi, seharusnya kita dapat dengan maksimal menggunakannya.

Seperti halnya aplikasi google map ini. Yang biasanya sudah terinstall ketika kita membeli sebuah smartphone. Anda dapat memantau situasi kemacetan cukup dengan membuka aplikasi dan melihat rute yang akan anda lewati.

Untuk warna merah berarti padat kendaraan, orange berarti lumayan padat, dan hijau berarti lancar. Warna merah biasanya juga terjadi pada persimpangan jalan karena traffic light.

Saya biasanya menggunakan aplikasi ini ketika hendak menentukan rute perjalanan supaya menghindari macet. Meskipun kita tidak bisa tergantung sepenuhnya pada aplikasi ini, namun paling tidak bisa dijadikan referensi.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s