Perbedaan Projector OEM dan Aftermarket (Replika)

image

Projector OEM (Mitsubishi Outlander kiri, Mazda CX5 kanan).

Mungkin anda masih bingung membedakan Projector OEM dan aftermarket. Cukup banyak sebutan nama projector di pasaran seperti AES, FXR, MH1, E55, dan sebagainya. Oleh karena itu akan saya ulas tentang perbedaanya.

Projector OEM, yang memiliki singkatan dari Original Equipment Manufacturer adalah projector yang berasal dari part original copotan mobil. Ada beberapa jenis projector berdasarkan jenis bulbnya seperti :
Projector halogen didesain untuk bulb halogen. (Contoh projector CRV, Rush, Terios)
Projector HID didesain untuk bulb HID. (Contoh projector Pajero, Outlander, E55)
Projector LED didesain untuk bulb LED. (Contoh projector Altis, Jazz yang terbaru)
Harga di pasaran mulai dari 400rban hingga 3juta keatas, belum termasuk harga bulb, ballast, shroud, ongkos retrofit.

image

Projector aftermarket (merk AES).

Sedangkan projector Aftermarket adalah projector yang dibuat menyerupai projector OEM (versi replika). Biasanya menggunakan bulb tipe H11, H4, H3, dll. Beberapa projector replika yang beredar di pasaran adalah AES, MH1, FXR. Untuk output cahaya, projector aftermarket ini bisa saja lebih terang daripada projector OEM. Bahkan rata-rata sudah bixenon (hi-lo). Harga di pasaran sekitar 600rban hingga 900rban 1 paket sudah termasuk bulb, balas, shroud, angel eye, devil eye.

image

Namun kelemahannya ada pada durabilitynya yang lebih pendek dari OEM. Banyak kasus ditemukan projector aftermarket setelah setahun pakai maka bowl (mangkok projector) menjadi kusam atau bahkan meleleh. Jika bowl menjadi kusam maka output tidak akan maksimal. Solusinya beli bowl baru atau di chrome ulang.

Kesimpulan
Kedua jenis projector tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Bila anda menginginkan projector yang praktis tinggal pasang tanpa ribet dengan harga yang terjangkau, anda bisa memilih projector aftermarket. Namun bila anda ingin lebih serius dalam pencahayaan, lebih awet durabilitynya, anda bisa memilih projector OEM dengan harga yang terbilang mahal serta harus coak reflektor. Di akhir kalimat, kualitas akan selalu berbanding lurus dengan harga.

Selamat mencoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s