Honda CBR250RR, si perusak harga, mindset konsumen, dan patokan standar 250cc!

Yup, saat ini dunia roda dua beserta jagat blogsphere otomotif sedang seru-serunya membahas tentang kelahiran Honda CBR250RR. Namun saya lebih tertarik mengulas mengenai impact kehadiran si CBR250RR ini di pasaran.

Seperti yang kita ketahui bahwa motor ini hadir di pasaran dengan banderol harga 63juta hingga 74jutaan. Lebih mahal dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Yamaha YZF-R25 2016 yaitu sekitar 54jutaan versi standar dan 59jutaan versi ABS. Sedangkan Kawasaki Ninja 250FI dibanderol 68jutaan versi ABS.

Meski begitu, Honda CBR250R ini memiliki value for money yang terbaik !! Ia memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain. Katakanlah Suspensi USD, throttle by wire, Monoshock pro-link 5 adjustment, riding mode 3 level, lap time control, swing arm alumunium, full LED dan masih banyak lainnya.

Dari segi desain juga motor ini tampil dengan desain yang begitu mewah dan sporty, diantaranya penggunaan dual muffler, buritan yang meruncing dan racy serta bentuk headlamp yang futuristik. Speedometer juga tak luput dari perhatian AHM dengan disematkannya model digital yang terlihat “eye-catching”.

Untuk urusan spek mesin meskipun pihak AHM belum merilisnya, namun bisa kita tebak pasti lebih superior dibanding kompetitor yang lebih dulu muncul.

Dari beberapa hal di atas bisa kita tarik kesimpulan. Honda telah menciptakan standar baru untuk motor kelas 250cc !!

Selama ini kita mempunyai mindset bahwa kelas 250cc tidak masalah bila menggunakan shock teleskopik. Namun sekarang?? Shock upside down telah menciptakan tren baru untuk kelas tersebut.

Ini belum termasuk beberapa fitur lainnya yang saya sebutkan di atas !!

Mengenai pricing strategy di pasaran, AHM merasa percaya diri. Bisa dibilang AHM “merusak harga” pasaran namun dengan value for money, kualitas barang yang diberikan !

Maka bila kembali dari sudut pandang konsumen, tentunya ia tidak masalah bila merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan motor yang terbaik di kelasnya.

Dulu motor 250cc seharga 60jutaan ? Mahal ! Namun sekarang hadir CBR250RR dengan spek sedemikian rupa dan dibanderol 63jutaan? Menarik!

Sekali lagi, good job Honda !

Source image: iwanbanaran.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s