Counter attack Kawasaki = Ninja 250cc 4 silinder ? Nanti dulu !

Isu mengenai Ninja 250cc 4 silinder sebenarnya sudah sejak lama jadi pembahasan hangat, bahkan sejak awal kemunculan Yamaha R25. Isu ini menjadi panas kembali ketika Honda berhasil merilis Honda CBR250RR 2 silinder ke publik pada beberapa hari lalu.

“Wah harusnya Kawasaki meluncurkan Ninja 250cc 4 silinder buat counter attack !!”

Untuk pabrikan sekelas Kawasaki, tentunya menciptakan motor tersebut adalah hal yang mudah. Namun yang menjadi masalah adalah “gimana nanti positioningnya di pasaran??”

review-zx-25-r-ninja-250-pakai-4-silinder-yakin-2015-01-26

Motor dengan spek seperti itu sudah jelas memiliki cost produksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan 2 silinder. Sehingga kalau dilepas di pasaran harganya bisa menyentuh 90juta keatas. Dengan harga setinggi itu, jelas nantinya tidak bisa head to head dengan CBR250RR & R25 dari segi harga.

Motor 250cc 4 silinder justru akan menciptakan segment sendiri di pasaran, yang tentunya segment tersebut semakin menyempit peminatnya daripada segment 250cc 2 silinder.

Selain itu mesin 4 silinder memiliki karakter mesin yang panas dan rakus bahan bakar. Tentunya hal ini bukan pilihan yang efisien untuk kondisi jalanan di Indonesia. Apalagi hanya 250cc ?

Kelas 250cc umumnya menjadi batu loncatan dari user pemilik cc dibawahnya. Dengan begitu harga & mesin yang user friendly pasti akan lebih menggiurkan. Sedangkan user 250cc 2 silinder yang ingin naik kelas untuk menambah pengalaman & skill riding mereka tentunya akan berusaha naik kapasitas mesin (cc) juga.

Counter attack Kawasaki = Ninja 250cc 4 silinder ? Nanti dulu !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s