Ganti sprocket gear Byson dengan ukuran 14 – 42.

Seperti yang kita tahu bahwa sprocket gear Byson standar adalah 14-40 dengan rasio 40/14= 2.85. Karakternya tarikan akan merata di RPM bawah, tengah, atas. Namun saya masih merasa kurang dalam tarikan awal oleh karena itu saya mengganti dengan gear belakang yang lebih besar.

Ukuran sprocket gear 14-42 lalu saya pilih. Dengan ukuran seperti itu maka rasio yang didapat adalah 42/14= 3. Hasilnya ? Tarikan di RPM bawah akan ngacir ! Cocok sekali untuk stop & go dan salip salipan apalagi di perkotaan.

Tapi konsekuensinya karena akselerasi naik maka topspeed akan terpangkas. Motor lari dengan kecepatan 90an saja mesin sudah teriak keras.

Saya tidak masalah dengan konsekuensi tersebut karena berdasarkan rute yang saya tempuh jarang sekali track lurus yang lancar. Kebanyakan adalah macet serta jalan menanjak maupun jalanan yang berlubang yang memaksa saya untuk stop&go. Lagipula saya bukan seorang speed freak.

Kesimpulannya ukuran sprocket gear 14-42 ini cocok untuk bro/sis yang memiliki karakter berkendara seperti saya dan apalagi sering boncengan atau membawa box.

Sekian.

Advertisements

3 thoughts on “Ganti sprocket gear Byson dengan ukuran 14 – 42.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s