Byson elegan dengan full limbah MOGE !

Ketika saya menyempatkan waktu untuk mengunjungi laman grup facebook di mana para pemilik Byson biasa memamerkan motor kesayangannya, ada sebuah Byson yang sukses menarik perhatian saya. Dari tampilannya yang gahar dibalut dengan warna Matte Blue yang elegan seakan mengintimidasi saya untuk mengenalnya lebih lanjut dan menyelam ke dalam dunianya.

Sebuah kesempatan berharga pun saya dapatkan ketika pemilik Byson ini, bro Morrydarita Nauri dengan senang hati mau berbagi cerita tentang tunggangan kesayangannya, “Bluebiey”.

14372370_10209325669850373_1425364654942217880_o

Awal mula pertemuan mereka berawal dari kegelisahan bro Morry yang sejak awal telah menanti-nanti munculnya Yamaha Byson di Tanjung Balai Karimun, Riau. Dan Bluebiey menjadi motor Byson terakhir yang berada di dealer, dan pihak dealer tidak bisa memastikan kapan datangnya kloter Byson berikutnya mengingat indent saat itu mengular panjang. Keputusan diambil, dan Bluebiey resmi menjadi milik bro Morry pada tahun 2010.

Bila dilihat dari tahun pembuatannya, maka Byson ini termasuk Byson generasi pertama yang sebagian besar part nya masih import dari India. Mungkin anda akan sangat susah untuk menemukan Byson keluaran pertama dengan kondisi yang terawat baik hingga sekarang. Apalagi justru malah mendapat sentuhan modifikasi dengan part-part yang spesial.

14333586_10209324883710720_4023424752300124225_n

Bro Morry & Bluebiey di majalah Ototrend edisi 795

Bagaimana dengan Bluebiey ? Well, saya rasa paragraf di atas sudah cukup untuk menggambarkan betapa akrabnya hubungan yang mereka jalin selama ini. Oleh karena itu saya berusaha mengapresiasikannya melalui deretan kalimat sederhana dalam artikel ini.

Kembali ke topik. Bila anda melihat lebih dekat kearah Bluebiey, maka anda akan menyadari bahwa Bluebiey ini memang tergolong Byson yang spesial. Bagaimana tidak ? Seluruh sektor kaki-kakinya menggunakan part pilihan copotan MOGE.

14355753_10209325670250383_7451217150043597908_n

Lihat betapa kokohnya pro arm yang disematkan pada si Bluebiey. Logo yang terpampang pada pro arm tersebut memberi identitas bahwa pro arm ini berasal dari brand Ducati, tepatnya copotan Ducati 916 yang sudah jelas langka di pasaran.

14470872_10209346555692506_771335078_n

Untuk sektor depan juga tak kalah menariknya. Diantaranya velg depan copotan Kawasakizx14r yang menggunakan double disc, serta suspensi upside-down copotan Honda CBR 1000 RR. Tak lupa untuk mendapatkan pencahayaan yang berkelas, bro Morry juga menginstall perangkat HID Projector pada headlampnya.

14467158_10209346555372498_799228797_o

Untuk sistem pembuangannya pun bro Morry juga mengganti knalpot standar Byson dengan knalpot copotan Suzuki Gladius 650.

Keseluruhan modifikasi yang bombastis ini tetap tidak meninggalkan identitas motor Byson itu sendiri. Pada bagian bodynya pun masih utuh, bahkan tampak elegan dengan balutan warna Matte Blue.

Bro Morry bahkan mengaku kalau semua part originalnya masih terawat dan bersih tersimpan mekipun sudah banyak yang menawar…

14446331_10209346554772483_1001384342_o

Bro Morry bercerita kalau ia sampai menghabiskan 3 malam untuk meracik komposisi cat supaya mendapatkan hasil warna yang maksimal.

14445689_10209346594213469_1134015262_n

Saya merasa penasaran akan arti tulisan yang tertulis pada motor kesayangannya, dan bro Morry menjelaskan bahwa dua nama tersebut adalah nama putranya dan almarhum adiknya.

14423823_10209346555172493_1998490832_o

Untuk sektor mesin tidak mengalami perubahan, hanya perawatan yang rutin dilakukan serta pergantian karbu original dengan karbu PE28.

14467159_10209346554732482_1017587009_o

Dengan keseluruhan modifikasi tersebut tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, bahkan jika ditotal akan cukup untuk membeli 1 unit motor baru. Bahkan temannya pun menyarankan untuk membeli Ninja…

“Prinsip saya, motor mahal banyak..    
Tapi beda dari yg biasa itu baru luar biasa..    
Karena walaupun byson,    
Tp byson saya beda dan hanya saya yg punya..    
Hehehe.

Untuk kedepannya bro Morry akan melakukan tahap modifikasi lagi diantarannya satu set kaliper brembo original depan belakang serta suspensi belakang ohlins.

Luar biasa ! Saya tunggu kabar baik selanjutnya ya bro Morry. Terima kasih sudah berbagi cerita menariknya pada jbminerva.wordpress.com 🙂

 

 

 

CAT : GRANADA Paint Art Tanjung Balai Karimun, Riau.
Modifikasi : ANKER Modification Tanjung Balai Karimun, Riau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s