Byson karburator vakum sering mbrebet, mesin mati, dan susah starter ? ini solusinya !

karet-vakum

Permasalahan paling umum dan saya rasa pasti semua Byson karburator vakum akan mengalaminya adalah penyakit mbrebet, mesin mati mendadak, bahkan susah di starter. Hal ini akan sangat mengganggu sekali ketika kita berkendara karena kita harus menjaga putaran gas jangan sampai los, bahkan harus main geber-geber. Laju kendaraan pun serasa ndut-ndutan karena ada yang tidak beres pada karbu vakum.

1.Cek karet vakum

karet-vakum

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengecek kondisi karet vakum terlebih dahulu apakah masih bagus, atau sudah melar bahkan bocor. Bila sudah demikian maka anda bisa mengganti dengan karet vakum milik original Byson atau milik Suzuki Thunder 125 yang detailnya bisa anda baca di sini Ganti karet vakum Byson dengan karet vakum Thunder 125 .

2.Cek batang skep karburator

batang-skep

Langkah kedua bila karet vakum ternyata kondisinya masih bagus, lalu cek skep karburator. Skep yang sudah baret menyebabkan kinerja skep yang seharusnya naik turun menjadi lambat dan tidak stabil. Jika baretnya masih halus maka anda dapat menggunakan pelumas seperti pelumas untuk mesin jahit. Namun bila baretnya sudah dalam maka perlu penggantian dengan skep yang baru.

3. Cek per skep karburator

karet-vakum

Bila per skep sudah tidak lentur lagi maka sudah jelas naik turunnya batang skep menjadi lambat. Solusinya anda bisa mencoba menarik per vakum sepanjang mungkin lalu memotongnya 3-4 ulir supaya per vakum menjadi lentur kembali. Pemotongan 3-4 ulir dimaksudkan agar per dapat dimasukkan ke dalam ruang karburator lagi. Alternatif lain anda bisa mengganti dengan per vakum milik Yamaha Scorpio.

4. Cek jarum skep karburator

karet-vakum

Jarum skep yang sudah baret atau aus dapat menyebabkan motor susah langsam dan kinerja karbu tidak optimal, selain itu pembakaran juga tidak sempurna. Solusinya adalah mengganti jarum skep dengan yang baru.

Kesimpulan

Sejauh ini saya telah menggunakan langkah pertama dan ketiga yaitu  mengganti karet vakum dengan milik Suzuki Thunder 125 dan menarik per vakum milik Byson. Untuk penggantian karet vakum ternyata penyakit hanya hilang selama 2 hari setelah itu timbul kembali. Maka bisa dipastikan bahwa penyebab bukan pada karet vakumnya. Lalu ketika saya mencoba menarik per vakum dan memotong 3-4 ulir, penyakit brebet lalu hilang 100%.

Semoga berguna.

Source image : http://www.sekilasotomotif.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s