Cara kerja Keyless Ignition System pada Suzuki GSX R150 + video

keyless-suzuki-gsx-r150-1

Seperti yang kita ketahui bahwa Suzuki GSX-R150 dibekali fitur Keyless Ignition System. Fitur ini menjadi fitur unggulan GSX-R150 yang diklaim dapat memberi keamanan lebih dari pencurian motor. Dengan ini maka Suzuki menjadi trendsetter dalam penggunaan fitur tersebut di kelas 150cc.

Fitur ini merupakan sistem di mana kita tidak lagi membutuhkan anak kunci untuk menyalakan mesin melainkan dengan sebuah remot kecil yang terkoneksi ke motor melalui signal menggantikan kunci konvensional.

Lalu cara pakainya gimana ??

keyless-gsx-r150-1

Pertama remote dihidupkan terlebih dahulu dan jika sudah dalam kondisi hidup, receiver yang berada dalam motor akan mendeteksi kehadiran remote yang memiliki ID yang sama. Jarak radius receiver dengan remote harus kurang dari 1,2 meter. Nah bila sudah terintegrasi maka knob yang berada didepan tangki bisa diputar bro-sist.

keyless-gsx-r150-3

Cara memutar kob sama seperti kunci pada umumnya, Untuk menyalakan mesin, putar ke kanan, dan sebaliknya. Jika remote tidak nyala, atau tidak berada di dalam jangkauan 1,2 meter dari motor, tuas knob tidak dapat diputar. Bila dipaksa diputar pun maka tetap tidak ngaruh bro-sist…

Terus untuk buka tanki bensin dan jok motornya ??

keyless-suzuki-gsx-r150-2

Nah ini yang unik bro-sist. Ternyata knob tersebut bisa dicabut dan dapat digunakan untuk membuka tutup tanki dan jok motor.

Gimana kalau baterai remotenya habis ??

keyless-gsx-r150-2

Nah pertanyaan ini sering muncul. Penjelasannya, remote tersebut sudah memiliki indikator dan akan berkedip panik jika baterai akan habis. Begitu pula dengan lampu indikator yang berada di knob. Jadi segeralah mengganti baterainya dengan yang biasa digunakan untuk baterai jam tangan.

Ngga cuma itu saja, ternyata remote ini juga berfungsi tombol Answer Back System. Bila kita sedang di parkiran dan kesulitan mencari motor maka bisa menggunakan fitur ini, lalu motor akan menyalakan lampu hazard dan mengeluarkan suara. Answer Back System ini hanya aktif dalam radius 20 meter dari motor.

Nah sudah jelas gamblang kan bro-sist tentang fitur dan kegunaanya. Kalau mau lebih lengkap lagi bisa disimak video berikut…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s