Review Helm KYT RC7 Yellow Fluo

img_20161123_080738-640x640

Beberapa bulan lalu saya meminang sebuah helm fullface dari KYT dengan seri RC7. Sebelumnya saya juga sempat memiliki RC7 ini dan merasa cocok sekali sampai seorang maling mencuri helm saya dalam hitungan menit. Setelah insiden itu saya menggunakan helm half face untuk sementara namun kenyamanan dan keamanan menjadi alasan utama saya untuk segera mencari helm fullface pengganti.

Helm KYT RC7 ini adalah seri low end dari jajaran helm full facenya KYT. Meski begitu, kualitas helm ini menurut saya bagus dan harganya kompetitif sekali. Dengan harga range 350-400 ribuan kita sudah bisa mendapatkan helm full face dengan lisensi SNI dan DOT dari sebuah brand besar KYT.

Lalu apa saja fitur dan spesifikasinya ? Berikut saya jabarkan

 

Visor.

IMG_20170318_125321857-800x449

Visor bawaan helm KYT RC7 adalah Clear Visor atau bening, namun saya telah menggantinya dengan dark visor yang original. Secara kualitas bisa dikatakan lumayan. Namun visor ini masih memiliki kekurangan yaitu mudah baret garis rambut dan apabila sedang hujan atau dingin maka visor mudah sekali berembun. Untuk visibility di malam hari lumayan dan tidak glare bila terkena sinar dari lawan arah.

Ganti Dark visor pada helm KYT RC7

Sistem penguncian.

IMG_20170318_125602971-600x337

Sistem penguncian helm ini masih menganut Quick Release bukan double D ring. Saya rasa maklum dengan range harga segitu. Dengan sistem penguncian praktis tersebut maka helm ini cocok sekali untuk digunakan harian.

Tingkat kedap udara.

Tingkat kedap udara saya rasa juga lumayan, namun untuk melaju di kecepatan 65kpj helm mulai bersuara siul.

Ventilasi.

Ventilasi berfungsi sebagai saluran udara masuk supaya helm tidak gerah. Helm ini memiliki 3 ventilasi,
Satu berada di dagu dan dua berada di atas, sedangkan lubang exhaust berada di belakang. Untuk ventilasi di depan dagu semriwing bila dibuka bro-sist.

Chinguard

IMG_20170318_125547037-800x449

Saya membandingkan chinguard AGV K3sv saya dengan KYT RC7 dan ternyata KYT RC7 ini terasa dekat sekali dengan mulut, alias pesek.

Bobot.

Bobot helm ini tergolong ringan yaitu hanya 1.4kg. Untuk penggunaan daily cocok sekali, bila untuk touring kepala juga tidak pegal. Saya sudah membuktikannya untuk rute Jogja-Sumbawa, helm terasa nyaman dipakai.

Busa dalam.

IMG_20170318_125530919-800x449
Busa dalam terasa nyaman dan mudah dicopot bila akan dicuci. Selain itu sparepart sangat mudah sekali ditemukan di pasaran dengan harga murah. Bagi pemakai kaca mata seperti saya mungkin butuh penyesuaian dulu supaya busa di bagian pipi menjadi lebih kempes.

Kualitas cat & stiker helm.

img_20170128_160801200_hdr-800x449
Selain pilihan warna yang variatif, helm KYT RC7 ini juga memiliki kualitas cat dan sticker yang lumayan. Tidak ada perubahan warna meski helm sering terkena paparan sinar matahari.

Sparepart & modifikasi

Untuk urusan sparepart dan modifikasi sangat mudah dijumpai di pasaran. Mulai dari busanya, visornya yang variatif, hingga kita dapat menggantinya dengan flat visor milik KYT C5 sekaligus dengan tear off nya.

257774957_4_644x461_kyt-rc7-yellow-fluo-flat-visor-motor

KYT RC7 yang sudah menggunakan flat visor & tear off milik KYT C5

Kesimpulan

Pokoknya untuk harga sekitar 350-400 ribuan, helm ini adalah kandidat terbaik, dengan harga segitu bro-sist sudah bisa mendapatkan helm full face berlisensi SNI dan DOT, dan tentunya lebih safety daripada helm half face. Design dan motif juga modis, untuk harian oke, untuk touring oke, sunmori oke, buat nongkrong juga ngga malu-maluin. Sekian review saya.

Leave a Reply

