Pakai ban IRC Road Winner RX-01 lagi ??

IMG_20170318_110135290-800x449

Yup pertanyaan tersebut sering terlontar ketika teman-teman tahu kalau saya menggunakan ban IRC Road Winner untuk menggantikan ban yang sudah mulai tipis, bahkan depan belakangnya sekaligus… Kenapa ? Berikut point of view dari saya…

Seperti yang kita ketahui bahwa ban standar bawaan pabrik nya Yamaha Byson adalah IRC Road Winner, bahkan untuk motor sekelas 250cc seperti R25, Ninja 250R, dan CBR250RR sekalipun menggunakan IRC Road Winner. Menurut saya selain harga ban ini dapat menekan ongkos produksi motor, performa dan durability nya saya rasa juga sudah OK untuk ban kelas entry level. Pabrikan juga punya perhitungan mantab dan ngga asal-asalan ketika harus menunjuk dan mempercayakan suatu vendor produsen ban.

Jangan bandingkan ban ini dengan kelas Pirelli, Michellin, Battlax atau kelas lainnya yang diatasnya. Jauhh menn….

IMG_20170407_114648-800x800

Untuk ban belakang saya naikkan 2 tingkat dari 120/70 menjadi 140/70, dan ban depan tetap di 110/70. Byson tampak lebih gambot dan grip menjadi lebih baik. Motor ini saya gunakan untuk nguli dan sesekali untuk touring pendek di akhir pekan. Saya bukan speed freak, hobi manuver, atau hobi nyirkuit, makanya ban IRC Road Winner ini saya rasa sudah cukup dari segi awetnya dan performa.

Kalau ngga puas ngapain saya pake Road Winner terus, hehehe

Buat tikungan nurut, buat offroad asal ngga ekstrim juga masih sanggup, buat hujan-hujanan asal ngga kayak Rossi juga aman….

1420969657410_bulletin

Banyak yang bilang kalau IRC Road Winner itu licin, penilaian tersebut adalah subjektif sekali dan setiap orang punya pengalaman berbeda-beda dengan kondisi ban yang berbeda pula. Bilang licin tapi lupa kalau ban sudah gundul ?? Bilang licin karena nikung di tikungan berpasir ?? atau bilang licin karena gas pwoll waktu hujan deras dan motor dipaksa hard braking ??

Intinya, performa ban itu anda sendiri yang ngrasain dan menilai, jangan terpaku sama kata orang yang parameternya engga jelas, apalagi cuman katanya katanya. Enak menurut orang lain, belum tentu di anda. Dan jangan bandingin performa ban dengan yang beda kelas….

Advertisements

3 thoughts on “Pakai ban IRC Road Winner RX-01 lagi ??

  1. bro ditunggu artikelnya kalo si kebo udah berasep putih, soalnya itu karbu pwk biarpun ori ttp bakalan berakhibat ke mesin, gak, percaya tunggu aja

    Like

    • Masak kalau cuma dari karbu bisa pengaruh ke mesin kan fungsi dari karbu untuk pengabutan bahan bakar, dan ga bakal ngaruh juga kan ke kompresi motor yang mesin masih standar kecuali kalau pakai PWK kita main oprek mesin dan ga ganti part2 mesin yang lebih kuat..

      Like

  2. udah jelaa bakal ada artikelnya bro… namanya juga motor lelah. bentar lagi juga minta jajan piston. km udah 90k an ini. wajar aja. yg penting sepadan sama dedikasinya buat cari makan. hehehehehe. salam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s