Penyebab dan cara memperbaiki starter mati

Cara memperbaiki starter motor

Beberapa waktu lalu motor saya susah distarter dan ini sangat menjengkelkan sekali bro-sist. Untung menyalakan motor lagi kudu pake starter engkol namun sebelum mengengkol harus melipat footstep dulu… ribet ! Apalagi kalau lagi macet jalannya…

Nah, makanya starter merupakan komponen vital untuk sepeda motor, apalagi yang tidak memiliki starter engkol.

Lalu bagaimana bila starter anda tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya ?
Pertama kita periksa dulu gejala awalnya… Apakah ketika tombol starter ditekan, ada suara kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ??

Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Selebihnya kerusakan starter motor bisa terjadi pada 4 komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri.

Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor :

1 Aki atau baterai

20120208-injeksiTEKOR-1

Tak bisa dipungkiri bila aki merupakan komponen vital pada sepeda motor karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor. Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Bro-sist bisa coba gunakan multimeter atau avo meter untuk periksa tegangan baterai. Tegangan aki yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.

2 Rangkaian Starter

Multytester

Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari tombol starter, kabel, atau socketnya. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bisa dibersihkan dengan menyemprotkan cairan WD40.

3 Relay Starter atau Bendik

Bendik Sepeda Motor

Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. Cara mengeceknya gampang, coba sambung dua  kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), jika terdengar suara “cetak” berarti masih bagus. Jika tidak kemungkinan besar bendik sudah mati dan harus ganti yang baru.

4 Motor Starter (dinamo)

Cara memperbaiki starter motor

Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus. Jika hanya brushnya saja yang sudah aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.

Demikian bro-sist cara mengetahui penyebab dan cara memperbaiki starter mati, semoga bermanfaat yes !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s