Begini cara membaca kode oli mesin motor

kode oli

Oli pelumas mesin itu sangat vital peranannya pada kinerja mesin, maka biar motor bisa awet, maintenance paling penting dilakukan adalah penggantian oli mesinnya. Namun setiap oli mesin itu punya karakter tersendiri dan wajib disesuaikan dengan kebutuhan mesin motormu bro-sist…

Perbedaan paling dasar terletak pada tingkat kekentalan atau visikositas oli. Ini penting untuk diperhatikan karena kebutuhan setiap mesin berbeda-beda. Misal untuk mesin-mesin dibawah tahun 2000 membutuhkan oli yang memiliki kekentalan tinggi. Sedangkan untuk motor-motor jenis baru membutuhkan oli pelumas dengan kekentalan lebih rendah. Hal ini dikarenakan clerance mesin masih sempit sehingga butuh pelumas yang lebih encer.

Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui kekentalan oli pelumas yakni dengan membaca kode yang tercantum pada botol kemasan.

Pada botol kemasan oli pelumas tertulis SAE atau Society of Automotif Engineers yakni standar tingkat kekentalan sebuah oli pelumas pada suhu tertentu. Setelah SAE akan diikuti dengan kode misalnya SAE 5W-40. Kode 5W (winter) tersebut berarti pada suhu terendah oli tingkat kekentalanya 5 sedangkan pada suhu maksimum (panas) tingkat keekntalan oli adalah 40.

Begitu juga dengan 15W-50 yang berarti pada suhu terendah oli tingkat kekentalan 15 dan pada suhu maksimum tingkat kekentalan oli sebesar 50.

Lalu bagaimana bila mesin diberi oli yang terlalu kental ? Otomatis kinerja mesin jadi lebih berat dong…

Selain SAE, pada oli pelumas merek tertentu juga menggunakan kode API Service atau American Petroleum Institute. Apa itu ? Sebagai contoh misalnya 5W-40 API SJ , Kode S menunjukan bahwa oli tersebut untuk mesin bensin. Sedangkan huruh kedua (J) menunjukan waktu produksi. Artinya semakin baru oli maka huruf kedua akan semakin jauh dari A. Sebagai contoh untuk kode SJ maka lebih baru dengan kode SI.

Nah sudah jelas kan sekarang… Gantilah oli secara berkala dan sesuaikan dengan kebutuhan mesinmu bro-sist… Semoga berguna !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s