Review HT Icom IC-V80 – Tangguh & Bisa diandalkan

IMG_2102

Beberapa waktu lalu saya mendapat hibahan sebuah HT merk Icom seri V80 dari paman saya. Kebetulan sekali, saya sudah sejak lama ingin belajar tentang duni radio komunikasi namun belum sempat beli.

Begitu menggenggamnya, HT ini terasa profesional sekali bentuknya. Maksud saya, tidak seperti HT mainan. Terasa solid dan berbobot. HT ini katanya sudah sesuai dengan standar US Military. Ia juga sudah anti air dan anti debu. Namun saya belum pernah ngetes anti airnya, mungkin sebatas cipratan saja.

Selanjutnya saya mencoba menyalakannya dan mengatur frekuensinya agar dapat menangkap komunikasi dari ORARI dan sebagainya. Saya langsung dibuat kagum dengan output suaranya. Begitu keras dan jelas. Cocok sekali untuk dipakai di lapangan atau di tempat berisik. Kualitas speaker ini menjadi andalan dari HT Icom V80.

HT ini memiliki daya pancar sebesar 5.5 watt murni dengan antena bawaan. Kemampuan menangkap frekuensi lumayan, orang-orang merekomendasikan untuk mengganti antena standar Icom V80 ini dengan Sky Super Probe supaya lebih joss.

Yang saya dapatkan ini menggunakan batre LITHIUM dan RAPID Charger. Untuk charging hanya butuh waktu 2.5 jam saja. Icom V80 sebenarnya mempunya 2 jenis baterai yaitu Lithium dan nikel. Icom V80 dengan baterai lithium adalah seri terbaru dan tentunya lebih mahal.

HT ini sudah memiliki sistem VOX dan tinggal memakai earphone maka anda tidak perlu menekan PTT lagi, tinggal ngomong saja HT ini bisa otomatis transmit.

Oh ya frekuensi radio ini adalah 136 – 174 MHz alias VHF Band. Memory radio ini adalah 200 memory.

Sekian review saya, semoga berguna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s