Pasang Knalpot Proliner TR-1 Short di Yamaha Byson

IMG_2830.jpg

Susah sekali untuk mendapatkan knalpot Proliner TR-1 Short yang khusus untuk Yamaha Byson. Maklum saja, Yamaha Byson sendiri sudah termasuk motor langka, otomatis produksi knalpot Proliner TR-1 Short juga pasti sangat terbatas. Sesuai dengan permintaan pasar dong ya…

IMG_2832

Dari tampilan fisiknya saya suka. Terlihat simple dan racing. Materialnya terdiri dari full stainless steel lalu finishingnya di sanblast. Terlihat bukan seperti knalpot murahan. Dan yang terpenting… Lebih baik knalpot merk lokal tapi original. Hehe

IMG_2835

Bagian leher knalpot sudah terlihat ada perubahan warna ke ungu karena panas output yang dihasilkan.

IMG_2628.jpg

Ini adalah bagian dalam knalpot. Lowong bro-sist, makanya suaranya bikin budeg.

IMG_2638

Ada cetakan mesin dengan tulisan Proliner di bagian luar knalpot…

Motor Yamaha Byson milik saya sudah mengalami ubahan di sektor mesin. Diantaranya boreup ke 200cc dan porting polish, lalu karbunya menggunakan PE28 versi supernya. Penggunaan knalpot standar saya rasa menghambat output karena adanya katalis yang berliku-liku serta lubang knalpotnya yang terlalu kecil. Saya menduga, dengan pergantian knalpot racing, maka performa akan meningkat drastis…

Dan benar saja… Knalpot Proliner TR-1 Short ini dapat mengeluarkan potensi sesungguhnya dari motor saya…

Dengan oprekan Boreup 200cc + Porting Polish + Karbu PE28 super + Knalpot Proliner TR-1 Short ini, Byson dapat mencapai kecepatan 100kmh dengan sangat mudah sekali. Tarikan sangat enteng dan sangat responsif. Performa sangat melonjak drastis setelah pergantian knalpot.

Namun, saya tidak yakin performa akan meningkat seperti itu ketika mesin masih standar lho ya…

Lalu bagaimana dengan suaranya ?
Jangan tanya bro-sist, knalpot Proliner ini terkenal dengan suaranya yang konon akan membuat batu bata bisa bersayap. Kalau anda tinggal di perkampungan yang padat, saya sarankan jangan pakai knalpot ini. Atau kalau masih tetep nekat, usahakan untuk tuntun motor dari depan gang. Atau pasang DB Killernya sekalian yang lumayan banyak mengurangi suara gaharnya…

Di motor saya sendiri, suara output dari knalpot ini terasa padat dan ngebas, merdu bila didengar. Karena efek dari Porting Polish & Boreup 200cc itu tadi…

Saya sebenarnya kurang suka menggunakan knalpot racing. Namun itu dulu ketika motor Byson ini masih untuk jadi kendaraan harian. Budeg & capek bro-sist ! Tapi setelah Byson saya ini menjadi motor weekend, saya jadi kepikiran pake knalpot racing lagi, toh jg gak tiap hari.

Semoga bermanfaat yah 🙂
Oh ya, bagi yang minat dengan Karbu PE28 Super, saya juga menjualnya.
Bisa hubungi saya di 087739881010

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s