Indikator warna merah di speedometer nyala terus ?

Asli gedek bro-sist.. servis motor sama mekanik yang kurang wawasan tp malah keminter… Indikator warna merah di speedo nyala terus kok malah dibilang “biasa, pancen koyo ngono mas..! Amannn wess…!”  *Biasa emang kayak gitu mas…! Aman deh…!

Akhirnya setelah udur uduran panjang, tapi dasarnya juga enggak paham… bisa bongkar ga bisa pasang… saya milih mlipir lalu benerin di rumah.

Setau saya kalau indikator warna merah pasti ada sensor yang nggak beres, nggak bekerja, dan masalah paling umum terdapat pada TPS (Throttle Position Sensor). TPS ini berfungsi sebagai pengukur bukaan gas dan selanjutnya memberi sinyal ke CDI dan diteruskan ke koil supaya suplai BBM dan api yang dikeluarkan di busi jadi seimbang. Makanya biasanya motor yg pake sensor TPS akselerasinya kedongkrak plus irit karena tepat sasaran. Dan sebaliknya kalo TPSnya ngga nyala, motor jd lemot plus boros.

Cek cek, ketemu juga kalau socket TPS nya ngga kepasang. Setelah dipasang akhirnya indikator merah udah ngga nyala lagi, tapi masih ada kendala lagi karena suara tarikan byson berasa kayak open filter. Saya tadinya juga komplen kok suara byson jd kyk gini ? Jawabnya enteng bener “suara byson yo pancen koyo ngene mas…!” Dohh ! Yg lebih hapal sama motornya sapa pula ?!

Pipa filter udara yang tidak tersambung

Setelah disambung suara tarikan balik normal.

Last.. meskipun suatu bengkel sudah direkomendasi dgn banyak orang, belum tentu dengan mekaniknya. Seperti kasus saya ini. Bengkelnya rekomen tapi salah satu mekaniknya ajaib ????

2 thoughts on “Indikator warna merah di speedometer nyala terus ?

Leave a comment