Byson karburator vakum sering mbrebet, mesin mati, dan susah starter ? kenali penyebabnya !

karet-vakum

Permasalahan paling umum dan saya rasa pasti semua Byson karburator vakum akan mengalaminya adalah penyakit mbrebet, mesin mati mendadak, bahkan susah di starter. Hal ini akan sangat mengganggu sekali ketika kita berkendara karena kita harus menjaga putaran gas jangan sampai los, bahkan harus main geber-geber. Laju kendaraan pun serasa ndut-ndutan karena ada yang tidak beres pada karbu vakum.

1.Cek karet vakum

karet-vakum

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengecek kondisi karet vakum terlebih dahulu apakah masih bagus, atau sudah melar bahkan bocor. Bila sudah demikian maka anda bisa mengganti dengan karet vakum milik original Byson atau milik Suzuki Thunder 125 yang detailnya bisa anda baca di sini Ganti karet vakum Byson dengan karet vakum Thunder 125 .

2.Cek batang skep karburator

batang-skep

Langkah kedua bila karet vakum ternyata kondisinya masih bagus, lalu cek skep karburator. Skep yang sudah baret menyebabkan kinerja skep yang seharusnya naik turun menjadi lambat dan tidak stabil. Bila baretnya sudah dalam maka perlu penggantian dengan skep yang baru.

3. Cek per skep karburator

karet-vakum

Bila per skep sudah tidak lentur lagi maka sudah jelas naik turunnya batang skep menjadi lambat. Solusinya ganti dengan per vakum baru atau alternatif lain anda bisa mengganti dengan per vakum milik Yamaha Scorpio.

4. Cek jarum skep karburator

karet-vakum

Jarum skep yang sudah baret atau aus dapat menyebabkan motor susah langsam dan kinerja karbu tidak optimal, selain itu pembakaran juga tidak sempurna. Solusinya adalah mengganti jarum skep dengan yang baru.

Semoga berguna.

Source image : http://www.sekilasotomotif.com

7 thoughts on “Byson karburator vakum sering mbrebet, mesin mati, dan susah starter ? kenali penyebabnya !

  1. Bang saya mau nanya motor saya jupiter z tahun 2004, terus pas saya make motor berebet pas ditarik gas sama ada keluar asap putih dan rada nembak ternyata setelah di cek karet vakum samping nya sobek terusvcoba dilem tapi cuma bertahan sebentarvabis itu kambuh lagi. Terus saya coba ganti pake yang imitasi keadaanya lebih baik sih tapi masih keluar asapbputih tipis pertanyaannya apakah karet vakum imitasi dapat menyebabkan asap putih?

    Like

  2. bang saya punya motor by son bener katax sudah saya gnti vakumx pake zuzuki thunder 125 tapi jarak 1 hari melemah n tiba2 mati susah di stater gmana solusinya…

    Like

Leave a comment